Tuesday, January 29, 2013

Perubahan Anak Sekarang

with 0 comments


Gw Jadi inget ama obrolan gw tadi ama sohib gw si item (panggilan sayang gw ama dia :p) pas balik dari praktek tadi, gw berdua ngobrolin ttg perubahan anak-anak era 90 ama sekarang, sekilas dari obrolan gw tadi sebenernya gw agak bingung sendiri, apakah gw harus sedih atau senang dengan perubahan2nya. Klo dibilang era sekarang emang sudah sangat maju dan modern dari segala faktor, tapi sayangnya yang gw lihat adik-adik jaman sekarang kok jadi tidak teratur yah.
Sekarang dari tata karma, salah satu contoh seperti memanggil teman dirumahnya, jaman dulu gak ada tuh yang namanya sms, miscall, bbm apalagi anak2 yang bawa handphone. Yang ada hanya dengan cara memanggil2 didepan rumahnya dan menunggu sampai orang rumahnya ada yang keluar , lalu permisi dengan keluarganya dan memberitahukan tujuan kita datang untuk apa . Tapi klo jaman sekarang sudah beda, anak2 skrg memanggil temannya yang ada dirumahnya pasti menggunakan cara sms,bbm telp ,dll. Oke emang secara logika dengan cara itu lebih efisien karena langsung to the point ke temannya tanpa harus berteriak-teriak atau mengetuk –ngetuk rumahnya. Tapi cara-cara seperti itu bukan aja membuat kita menjadi tidak dikenal oleh keluarga teman ,tapi juga menghilangkan tata krama sopan santun kita untuk bertamu. Karena kita jadi tidak tahu yang mana orang tuanya , saudaranya dan kondisi apa yang sedang terjadi saat kita bertamu, Dan untuk keluarganya sendiri juga menjadi tidak pernah tahu kalo anaknya bermain atau pergi kemana dan berteman dengan siapa-siapa saja.
Ke dua dari segi permainan , memang untuk remaja kebawah bermain memang tidak pernah lepas dari sehari-harinya, tetapi harusnya permainan yang membantu untuk kreativitas perkembangan si anak tersebut. Kalo jaman sekarang sudah sekali yg kita lihat bermain di lapangan /jalanan /pekarangan2 yang sedang bermain seperti layangan, benteng, galaksin, dll. Yang ada mereka hanya bermain di game center, warnet, dan rental-rental Playstation . Ini yang buat gw ngeliat sedikit miris ttg mereka. Mereka bermain di tempat2 game center hanya membuat diri mereka tidak berkembang dari segi sosialisasi, pembentukan karakter mereka, kerja sama team, cepat dewasa (karena banyak game2 yg bukan untuk umurnya), dan melupakan permainan tradisional daerah masing-masing mereka. Mungkin masih banyak lagi yang harus di perhatikan tentang perkembangan mereka.
Ini Cuma salah satu contoh kecil yang terjadi di era sekarang ini. Anak jaman sekarang sudah cukup berubah, sebenernya hal-hal seperti ini yang harus di pertimbangkan oleh orang tua untuk memberikan fasilitas kepada anaknya bukan karena masalah gengsi atau yang lainnya. Tapi lebih ke fungsinya untuk usia seperti mereka, apakah sudah layak dan butuh diberikan fasilitas tersebut. Menurut gw ama sama si item, bahwa peran orang tua sekarang kurang memperhatikan perkembangan anak. Memang tujuan orang tua untuk membahagiakan si anak , tapi tanpa pengontrolan orang tua akan membuat mereka menjadi tidak teratur.
Semoga para pembaca dapat lebih memperhatikan anak dan adik-adiknya dalam bersosialisasi dalam kesehari2an mereka .
Thx

0 comments: