Monday, January 2, 2012

Vans Original (Asli) vs Vans Fake (KW/Palsu)

with 109 comments
Lagi gak ada ide mau nulis, so gw sharing aja sesuatu yang gw tau ini pun ditambah dari googling juga sih :D


Pasti tahu dong sepatu vans yang lambangnya V bergaris bermotto off the wall , disini gw pengen kasih tau informasi tentang vans dan beberapa cara ngebedain sepatu Vans “Off the Wall” asli ama yang Palsu .
Disini gw gk mau bahas tentang Vans off the top soalnya beda merek (karena “vans off the top” merek terdaftar di Indonesia beda dengan vans “off the wall”) !!
Ini beberapa ciri-ciri Vans Original (Asli)
  • Setiap sepatu Vans Original pasti ada code produksinya dibawah sol/tapaknya dibawah seperti DT (China), EVB (Vietnam), SJV (Vietnam), IFC (China), HF (China), SHC(China), ZDC (China), SXC (China), EHC (China), GSI (Indonesia) atau code lainnya dan sama dengan box nya.

  • Vans Ori Jahitan (Stitching) di dalam dan luar rapih.
  • Tag label di belakang (Heel Tab) "Vans Off The Wall" atau "Off The Wall", Timbul dan tidak mudah copot dan pudar (kecuali emang karena kemakan waktu yang lama)
  • Lihat ukuran yang tertera disepatu, biasanya yg palsu ukurannya sering berbeda atau tidak sesuai.
  • Material yang sesuai dengan jenisnya dan Wangi Sepatunya juga lebih khas.

  • Vans memiliki karet sol yang sangat flexible (lentur) sehingga bisa ditekuk secara lentur.
  • Made in Indonesia, China, Vietnam (gw taunya ini doang) , klo ada yang jual made in USA kemungkinan besar itu palsu karena pada tahun 1998 Vans.CA.US berhenti beroperasi dan dipindahkan produksinya ke China dan Korea. ( Sumber ).
  • Label barcode di Box dengan jenis sepatu sesuai , dari Kode, Jenis, Ukuran, Warna, dll. dan pernah release di Vans.com
  • Isi di dalam box sepatu Vans standarnya terdapat : Tissue/Wrapping Paper berlogo tulisan vans, Hang Tag Vans di Sepatu dan Sticker Vans, Dll
  • Bila tanpa box bukan berarti itu fake, banyak seller vans original yg menjual tanpa box dengan berbagai alasan, disini anda diharapkan lebih teliti lagi untuk memastikan barangnya, pastikan klo itu memiliki ciri2 asli dan jangan malu untuk bertanya dengan sellernya atau temen atau buka vans.com trs lo terawang sendiri deh atau juga bisa googling dulu bila ada kejanggalan. (*saran gw, mending maen ke forum sneaker seperti di kaskus biar bisa tanya2 ama sesepuh yang memiliki pengalaman asam manis di dunia vans)
  • Vans Made in Indonesia (GSI) masih aman , karena sampai saat ini masih belum ada Vans KW berkode ini.
  • Vans Made in Usa hanya handmade, pesan disana dan modelnya custom (sesuai keinginan kita) dan pastinya gak bakalan banyak yang punya karena itu custom ...... (Correct Me If I'm Wrong) 
Ntar gw tambahin ama gambarnya sedikit
Ini cuma masukan saja , hampir kebanyakan sepatu vans ori memiliki ciri2 diatas

HARGA
Untuk harga sepatu vans tidak dapat dipastikan, karena di indonesia tidak ada Offical Store Vans (Toko Resmi) yang ada hanya pabriknya saja, oleh karena itu sepatu vans original yang ada di indonesia memiliki harga yg berbeda-beda tergantung dr mana asalnya dan biaya kirimnya, tapi biasanya sepatu vans berkisaran Rp.550.000++ (ini sih gk pasti , bisa aja dia beli pas lagi sale / Lagi hoki dapet Hadiah / Nemu di jalan / menang lelang di ebay / karena yg jual temen sendiri jadi lebih murah / pajak import dah turun / shippingnya murah / kurs dolar lagi jatoh / orang pabrik vans indo yg ngejual secara black market, dll).

Buat harga BM pabrik lokal menurut Opini gw yah, Memang sepatu ini original tapi klo sepatu BM udah lebih dari 500rb++ itu menurut ane udah gk relevan lg, kenapa?   
  1. Pertama, sepatu tersebut diambil sebelum mencapai proses pengerjaan 100% sesuai prosedurnya
  2. Barang tsb adalah BM (diperolehnya bukan dari suatu proses yang legal)
  3. Sepatu tidak melewati proses Quality Check (jadi kemungkinan masih ada kekurangan/sempurna, atau cacat) sehingga tidak sebanding dengan kualitas sepatu yang dikeluarkan vans store yang telah melewati uji Quality Check
  4. Biasanya No Box atau bila pake box, isinya tidak sesuai dengan aslinya ( untuk label box sudah pasti tanpa label keterangan sepatu (box polos), kadang box berbeda (cont: Vans California dikasih box Vans standar), Kadang insole ada yang beda dan untuk keleengkapanya kadang tanpa tissue paper/laces asli/sticker/tag dan kelengkapan lainnya yang berbeda dari seharusnya). 
  5. Harga udah sangat mendekati dengan Vans Store resmi (exclude shipping)
Ini hanya menurut gw, bukan berarti gw mau jadi price police atau sejenisnya, sekali lg ini hanya opini gw aja kok . Kalo kalian gk setuju yowes mau diapain :p . (CMIIW)


Vans Made in Indonesia (GSI)
banyak orang beranggapan bahwa hasil material dan produksinya Vans Indo kurang baik, sedikit informasi aja yah Vans Indo mutlak tidak diperbolehkan memproduksi bahan materialnya sendiri, tetapi langsung didatangkan dari US. Sangat berbeda dengan made in China, Pihak Vans US hanya memberikan design dan sample sepatu, karena mereka harus mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah China, dimana pabrik di China tersebut harus memproduksi bahan material sendiri sampai sama dengan aslinya . 
*dan untuk sampai saat ini sepatu berkode GSI masih aman, karena belom ada yang ngepalsuin (KW/Replika)

Box Sepatu Vans (sumber from Kaskus : xfieldyx ) 
• Kalo Original harus ada Boxnya dong..?
SEPATU VANS ORIGINAL YANG DI IMPOR LANGSUNG(VIA EBAY ATAU BELI VIA VANS.COM) TENTU SAJA DIBERI BOX ORIGINAL YANG DITEMPEL STIKER NO.SERI SEPATU DAN BARCODE,,NAH,BOX TERSEBUT DIBUAT DI US,AGAR TIDAK TERJADI PEMALSUAN BOX DI NEGARA PEMBUAT ASAL. BEGITU PULA SEPATU VANS YANG DIBUAT DI INDONESIA DIKIRIM TANPA BOX KE VANS CA.OHIO-US UNTUK DIBERI BOX ORIGINAL DISANA.NAH, APABILA ADA VANS INDO YANG DIBERI BOX,ADA DUA KEMUNGKINAN,DIA BELI VIA VANS.COM,BERARTI DIA DAPAT BOX ORI DENGAN NO.SERI DAN BARCODE,,ATAU SEPATUNYA DIA DAPAT DI INDONESIA,BERARTI BOXNYA PALSU,ALIAS DICETAK DI INDONESIA YANG TANPA NO.SERI DAN BARCODE(KALOPUN ADA,NO.SERI BOXNYA GA AKAN SAMA DENGAN NO.SERI SEPATUNYA).

• Kenapa vans lisensi yang dibuat di indonesia ga sekalian dibikinin boxnya?
KEBIJAKAN VANS CA.-OHIO US MELARANG SETIAP PABRIK LISENSI VANS UNTUK MEMBUAT BOX,TERMASUK DI INDONESIA.KARENA HAL INI RAWAN PEMALSUAN,DAN INI TENTUNYA MEMBUAT VANS AKAN MERUGI,KARENA VANS TIDAK MEMBUKA OFFICIAL STORE DI INDONESIA. SEMUA VANS YANG DIPRODUKSI DI INDONESIA,BUKAN BUAT PASAR INDONESIA,TAPI PASAR US,MEXICO DAN EROPA.



Sekali lagi gw cuma mau bilang, Ini cuma sedikit saran saja sebelum membeli sepatu Vans Original, karena gw liat sepatu vans palsu sudah mengerikan kemiripannya, jadi klo mau lebih yakin silakan tanya di forum2 yang terdapat komunitas sneakers seperti di kaskus ( The Story Of Vans ), karena disana ada komunitasnya jadi lo bisa secara langsung tanya2 sama sesepuh vanshead, gw aja masih sering mantau kesana biar gk kuper2 bgt :p  .

Thanks udah mampir ke blog gw
Sonher 

*buat yang pada copas tulisan gw, silakan aja gpp gan .. tapi tolong kasih sumbernya yah 
*Misalnya ada yg kurang atau salah silakan komen aja, biar gw tambahin atau gw ralat :D
*klo mau kasih cendol di kaskus (Sonher) juga gpp gan, ane terima dengan lapang dada :malu

109 comments:

  1. Unknown said...

    penjelasannya oke punya :-) apa bisa diartikan kalo sepatu Vans yg dijual d Kappa (vans off the top) sebenarnya asli?karena diproduksi di Indonesia dengan lisensi n material dr Vans USA?
    _thanx_

  2. Sonher said...

    Thanks before, vans on the top dipastikan palsu dan hanya menjiplak aja, makanya vans on the top dituntut pihak vans.inc sumber
    Klo untuk material menurut gw sih hanya mendekati saja dengan yang material asli, klo kualitas kurang tau deh soalnya blom pernah punya :p ahahaha

  3. Ouga IndraNews said...

    Kalo vans dengan kode GH ori gk bos ? :(

  4. Sonher said...

    waduh kode gh gw gk tau dah kluaran mana, tapi sepertinya kw deh gan, kmaren2 pernah liat orang jualan di fjb yg ngejual replika vans kode gh .. tp klo masih penasaran coba aja tanya2 di kaskus di stroy of vans gan disana banyak lebih master kok

  5. Ajisaurus said...

    tapi, kalau vans ber kode HF yg dijual sama seller ebay di USA, gimana?

  6. Sonher said...

    gw jawab yah agan aji, untuk kode HF itu pabrikan dari China dan itu memang pabrik resmi vans, tp sayangnya kode HF banyak juga yg KW jadi itu bukan patokan pasti, yah mesti hati2 aja dan pastiin seperti poin2 diatas atau tanya yg lebih mengerti. dan klo untuk seller dari mana pun blom bisa ngejamin gan. Tapi biasanya seller yg jual ori, dia ngasih money guarantee kalo barang dia terbukti palsu :D

  7. Unknown said...

    Gan , kalo kode hf no box gmn?

  8. Guswan Nurholik said...

    agan punya contacts nya yg resmi gsi sama china ga gan ?

  9. Sonher said...

    hahaha ane gk ada gan, emang contact apanya gan? pabriknya? mending contact storenya aja trs tanya2 deh :p .. atau engga tunggu vans store resmi buka di jakarta bulan april trs agan silakan tanya2 deh :D

  10. Unknown said...

    ada yang tau vans store kota kasablanka buka tanggal berapa??

  11. Sonher said...

    kurang tau tanggalnya gan, katanya ada yg bilang bulan april ada jg yg bilang bulan mei , mending di pantauu aja di kaskus gan --> http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002650193/the-story-of-vans/

  12. Unknown said...

    Kalau telapak nya warna hitam tu ori apa kgk y,tpi ad kodenya GSI.

  13. rifqi aufa said...

    distributor vans gsi dimana gan?

  14. Unknown said...

    Kenapa jd bahas harga yg jualin gsi gitu wkakakaka, bebas bebas aja sih mau jualin gsi brp, sekalinya 750++ toh rezeki org kan udah ada yg ngatur, lagian selama jualin gsi yg harganya plus plus itu ga hobby & doyan ngegerecokin lapak orang sih sah sah aja menurut gue, soalnya kan sekarang yg sama sama seller vans sikut sikutan tuh maenannya haha

  15. bagus prasetyo said...

    gan, ada arahan gak kalo mau beli vans ori di indo lewat website alamatnya apa ? BM aja gapapa asal ori gan. thx infonya (y)

  16. Unknown said...

    agan2 ane jual Vans GSI cuma 350k aja. Info lbh lanjut bisa add pin 326468c7 / 088808541498.

  17. eLFiandra said...

    oiya mas nya biasana beli vans nya dimana? tolong infonnya mas soalnya masoh bingung mau beli vans yg benerbener asli

  18. ryan said...

    bro gimana cara bedain sepatu dc ori sama yang kw?

  19. Unknown said...

    gan , sekarang udah buka belum store vans original ??? please info dong . lagi demen vans nih gan :) terimakasih ya gan :)

  20. Unknown said...

    Udah buka kok di Indonesia, Jakarta. Vans store resmi ada di Mall Kota Kasablanka (Kokas). Kalo cari vans original di Penny, Orbis, Skematic tuh kalo ga nitip temen yang ke Singapore hehehehe

  21. daus said...

    Gaan,,moo nanya nih,ane termasuk yg newbie yang beli online,,klo seller yang terjamin ke ori annya apa aja yah??gw udah cba di vsi t*am and nofak* s*op,,apa dua2ny kejamin?

  22. Unknown said...

    gan , maaf :( sekarang vans kode GSI dah ada KWnya , hehehe. cuma ngasih tau kok. tp sellernya bukan ane. di daerah asal ane(jogja) dah banyak yang KW.

  23. Uus said...

    bang, kalo kodenya EVB tapi didalam sepatunya bertuliskan Made In China?

  24. Unknown said...
    This comment has been removed by the author.
  25. Unknown said...

    mw nnya gan, ane da rncana nyari vans ori, ane liat d zalora jual vans juga, kira2 ori g tu? thanks

  26. Unknown said...

    gan mau tanya, ini ada yang ngaku jual vans wafflenya GSI tapi kok harganya 250rb an ya gan?? THX!!

  27. Unknown said...

    Ane pernah ketipu beli vans yg kodenya ifc, harganya harga ori pulak. Dan yg parahnya lagi itu barang d jual di store yg mayoritas brangnya ori smua rata rata, eh ternyata di selipin brang kw, abal abal pulak. Buat yg daerah medan hti hti deh store besar ga ngejamin barang yg d jualnya ori smua.

  28. Firda Aliska Djoyokasmo Tambunan said...

    1. Itu sepatu ori tpi kondisinya jelek banget, bisa dimaklumi
    2. Itu orang yng jual lgi butuh duit banget
    3. Itu sepatu kw

  29. Unknown said...

    Kalo yg di zalora itu ori ga y?

  30. Lingga said...

    kalo waffle nya yang ifc itu kw bukan?

  31. Unknown said...

    bang kalau heelpadnya astro 7 itu ori gaaa

  32. Unknown said...

    Gan ane liat di setiap situs jual beli aspca vans kode IFC marak dijual, tapi harganya miring sampe 350 apa emang segitu ya? soalnya setau aku sih kalo liat di twitter account dr jakarta punya, aspca punya harga kisaran rata 800-1,2 juta gan..
    mohon pencerahannya

  33. Unknown said...

    Vans ori berhaga tidak pernah miring minim harga 450+ kotak dan jgn ketipu dengan shop online liat kode kota pasti sama dgn kode sparu

  34. Unknown said...

    Gan tolong coba liat vans yg seri rowley pro, ada sambungan gk blkgnya? Kayanya sambungan diblkg gk jadi patokan keaslian .. (CMIIW)

  35. R Hendy said...

    Gan silahkan cari tau sejarah berdirinya vans di http://hanyalakukan.blogspot.com/2015/03/kisah-inspiratif-paul-van-doren-si.html

  36. Unknown said...

    gan ,punya saya wafle GSI tapi kok kanvasnya cepet rusak ? apa cuman waflenya aja yang ori ?

  37. Unknown said...

    Gan, kalo dari mande in china kode (tb6Q) itu gimana kualitasnya?minta pendapatnya yah.

  38. Unknown said...

    Beli di grand city surabaya, itu ori semua baru buka dpet 4-5 bln

  39. Unknown said...

    Gan klw heel tab yg sebelah kanan agak miring itu ori gk?

  40. SneakersHolic said...

    keren tips nya.. sangat detail...

  41. Unknown said...

    Kalo ane beli di folk store ori ya gan ?

  42. Unknown said...

    Kalo ane beli di folk store ori ya gan ?

  43. Unknown said...

    Kalo ane beli di folk store ori ya gan ?

  44. Unknown said...

    Kamis,24 september 2015
    Bang kita bisa beli vans old skool blue gum asli di indonesia ini dimana .
    #beli langsung tunai . thk :)

  45. Unknown said...

    Kalo beli di Reef store, ori gak bro? Kode waffle nya sih ICC

  46. Fahmiii69.blogspot.com said...

    Ane jual vans authentic black ori 350rb size 44,5 cek pic silakan WA ane 087780364142 lokxasi ane bekasi.thanks

  47. Fahmiii69.blogspot.com said...

    Ane jual vans authentic black ori 350rb size 44,5 cek pic silakan WA ane 087780364142 lokxasi ane bekasi.thanks

  48. Unknown said...

    Vans US itu asli. harganya jga mahal dibandingkan di vietnam, china maupun indonesia. dan kalau di US itu bervariasi bermacam macam modelnya.

  49. Unknown said...

    Folk store orinya sangat terjamin dan legit bro, recomended dah :D

  50. Unknown said...
    This comment has been removed by the author.
  51. Infoin said...

    kalo lo gk mau ribet beli aja langsung ke Vans Store'nya di Paris Van Java Bandung.
    Biar lo tau originalnya kek gmn.. Gue beli yg Vans Era Classic made in Vietnam IDR.549.000;

  52. Unknown said...

    Tolong dijawab ya gan,ane punya sepatu old skool van authentic black,dari semua ciri ciri diatas sepatu ane memenuhi syarat tapi ada 1 kekurangannya ada tulisan "made in usa" di dekat nomor ukuran disepatunya padahal ini sepatu dah pas banget ama ciri ciri separu old skool vans,itu sepatu ane ori apa enggak? Trims

  53. cahyo_pangestu said...

    Kalo icc itu ori gak gan ?...

  54. ky said...

    Wah, keren juga artikelnya! Jangan lupa kunjungi sepatu DC original Terima Kasih :)

  55. Unknown said...

    Kalau tapak dalamnya tu nempel atau tidak ya ?
    Mohon infonya ya !!!

  56. Unknown said...

    bang ane beli OldSkool sk8hi waffle icc pake box ,pndpt min ori/fake??

  57. Unknown said...

    Tapak dalemnya nempel apa agak ngembang empuk gitu ?

  58. Unknown said...

    Kalau kasut made un bangladesh original tak..bleh bagi tau tak

  59. Sandra said...

    Kalo kode ICC Ori ga gan?

  60. Unknown said...

    gan, kode BRT made in thailand ori apa ngga ?

  61. gunawan pratama said...

    Kode waffle jangan di permasalahin gan, kode waffle itu kode produksi. Dimana sepatu itu di buat. Dan belum tentu itu fake, icc, ifc, hf. Itu ga semua nya fake!
    Masih banyak yg harus kalian perhatikan!!!

  62. Unknown said...

    Mau tanya, aku baru beli vans U authentic forbidden fruit. Aku cek di vans.com gak ada, tapi pas aku search barcodenya muncul tapi tulisan cina semua. Kira2 itu asli gak ya ? Aku belinya di sogo surabaya. (Maaf karna masih newbie)

  63. A5 Studio said...

    punya gua Vans Of the Top xl-2 awet sampai 3 tahun

  64. Kana arta said...

    Di sogo itu ori mas

  65. Unknown said...

    alhamdulillah masih dapet yang ori biar rada mahal vans sk8 hi x UbiQ x Ronenglish :))

  66. Unknown said...

    Apa nama toko nya om ?

  67. Unknown said...

    Kalau belinya di absoulut itu asli semua kan gan

  68. Faisal Wijaya said...

    aku beli Vans Van Doren X Pirate waffle (ZDC) di KickSuppy, Harga 580, Ori ngga

  69. sanudin said...

    Aku punya made in usa .
    Asli gak ea ...

  70. Unknown said...
    This comment has been removed by the author.
  71. Unknown said...

    ada yang pernah beli di fabelhast_stuff?? terpercaya or gk?

  72. Unknown said...

    Ori bang kalau kicksupply

  73. Unknown said...

    Littlefoot
    Oaktreess itu juga ori mas meskipun harga bikin nyenengin hehe

  74. Unknown said...

    Sangat sangat ori gan

  75. Unknown said...

    Kode DT ori bukan bang?

  76. Unknown said...

    Aku punya sk8 hosoi waffle dt beli 280k gimana gan??

  77. Unknown said...

    Gan Mau Tanya Dong, kalo kode waffle ga sesuai dengan tempat produksi itu bisa langsung di sebut KW engga? misal kode waffle nya HF tapi made in vietnam ?

  78. Unknown said...

    Gan misal saller nya nyebut kualitas sepatu BNIB kita bisa yakin dengan kata katanya ya

  79. Unknown said...

    DT kbnyakan KW Super Brow , ad yg ori juga kudu pinter22 liat.e :D

  80. Unknown said...

    DT kbnyakan KW Super Brow , ad yg ori juga kudu pinter22 liat.e :D

  81. Unknown said...
    This comment has been removed by the author.
  82. Unknown said...

    bagaimana dengan vans vietnam made, apakah vietnam memiliki kebijakan sama dengan china yang mana harus memproduksi bahan material sendiri sampai sama dengan aslinya?

  83. Unknown said...

    KW gan, klo waffle HF tapi made in vietnam

  84. Unknown said...

    Mau nanya donk gw beli vans di vans store nya langsung tp made in vietnam trs kode bawahnya sebelah HF sebelah IFC itu bgmn ya ? Ohya trs beli lg d salah satu seller harganya melebihi di konter made in vietnam tp kode HF. Itu ORI apa bukan seh? Tolong bantu yaa. Terimakasih:)

  85. Unknown said...

    Tp sy sempet beli di counter vans pvj made in vietnam malah kode nya sebelah HF sebelah IFC itu bgmn ya

  86. Unknown said...

    Bang kalo kode nya VA380 ori apaa kaga

  87. Anonymous said...

    Gue punya beli di vans store di mall kelapa gading tapi kok ga ada kode di wafflenya yaaa.. Galau dong gue ketipu..

  88. Unknown said...

    Bang kalo di size sneakers ori gak ya?

  89. Unknown said...

    Sama om ane juga kode waffle HF tapi made in vietnam ,ori apanga ya , ane beli 800 rb

  90. kadek said...

    sma kyk punyaku

  91. Unknown said...

    Ka kalo Dt tu merk apa?

  92. Unknown said...

    asekk punya gw ori belinya 1jt an , semua ciri2 udah masuk
    beli aja lngsung di store vans, tapi cek dlu kode2 semuanya falid gx sama cek di box a

  93. Unknown said...

    Gan kalo made in Dominican republic trus waffle nya kanan EVB kiri HF itu ori apa fake ya, soalnya ane beli bekas

  94. ANISA RIZKI RAMADHANI said...

    Mau tanya nih kode CLK ori gak ya?

  95. Unknown said...

    maaf mau nanya kalo kode wafle HF namun pembuatan vietnam gimana yaa?

  96. Dicky Kurniawan said...

    Sama gan, punya saya juga gitu. Kode di waffle nya HF, tapi di insole nya tertulis Made in vietnam. Udah saya cari2 tau di kaskus katanya itu ori kok

  97. wildan777agustin said...

    Gw dapet di insole nya EVB dr temen gw tp sedikit meragukan krn box nya ga ada stiker stiker putih yg biasa nunjukin ukurannya klo yg lain" kelihatan aman tp masih ragu ?

  98. Unknown said...

    boy,kalo kodenya PA ni made in thailand tu ori ga?
    tq.

  99. Unknown said...

    Vans made in bangladash ori atau fake??

  100. Rizqi Akbar Maulana said...

    Vans waffle PA made in Thailand ori ga bang ?

  101. Unknown said...

    Mau nanya ni suhu, tag kode Made in Vietnam tapi ko diwafle nya dt? itu gimana ya ori atau kw

  102. Unknown said...

    Cek aja ig @twinz_secondhand 😁